Blogger templates

Solat sunnat berjamaah

Posted by

Sudah dimaklumi dalam dunia Islam tentang keutamaan solat sunnat berjamaah seperti solat Ied, tarowih, gerhana, istisqo dan witir dalam bulan Romadhon. Namun akan menjadi berbeda pembahasanya jika solat sunnat yang dilaksanakan secara berjamaah adalah solat sunnat yang tidak disyariatkan berjamaah seperti solat Dhuha, Hajat, Tahajud, Tasbih dan lain sebagainya

Maka, bolehkah solat hajat berjamaah?bagaimana jika solat Duha berjamaah? dan sahkah solat tahajud berjamaah?
Dalam kitab I'anatut Tholibien dalam pembukaan bab solat sunnat sudah menerangkan bahwa solat sunnat terbagi menjadi dua bagian
فصل في صلاة النفل)  أي في بيان حكمها وبيان ما هو مؤكد منها وغيره وما يسن له الجما عة من ذلك وما لا يسن... الخ
*PERTAMA*
Solat sunnah yang disunnahkan (disyariatkan) berjamaah seperti solat tarowih, solat ied, solat gerhana, solat istisqo' dan solat witir di dalam bulan romadhon. Solat-solat tersebut lebih utama berjamaah daripada sendirian.
*KEDUA*
Solat sunnah yang tidak disunnahkan (disyariatkan)  berjamaah seperti solat hajat, solat dhuha, solat tahajjud, solat tasbih dan lain sebagainya.
Adapun jika dilakukan secara berjamaah maka sebagian ulama sudah menjelaskan dalam kitabnya
Pertama, kitab Majmuk syarh Muhazdab juz 4 hal 55
ﺍﻟﺜﺎﻣﻨﺔ) ﻗﺪ ﺳﺒﻖ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﻮﺍﻓﻞ ﻻ ﺗﺸﺮﻉ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﺇﻻ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻴﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﻜﺴﻮﻓﻴﻦ ﻭﺍﻻﺳﺘﺴﻘﺎﺀ ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﻭﺍﻟﻮﺗﺮ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺇﺫﺍ ﻗﻠﻨﺎ ﺑﺎﻷﺻﺢ ﺇﻥ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﻓﻀﻞ ﻭﺃﻣﺎ ﺑﺎﻗﻲ ﺍﻟﻨﻮﺍﻓﻞ ﻛﺎﻟﺴﻨﻦ ﺍﻟﺮﺍﺗﺒﺔ ﻣﻊ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﻭﺍﻟﻀﺤﻰ ﻭﺍﻟﻨﻮﺍﻓﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻘﺔ ﻓﻼ ﺗﺸﺮﻉ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺃﻱ ﻻ ﺗﺴﺘﺤﺐ ﻟﻜﻦ ﻟﻮ ﺻﻼﻫﺎ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺟﺎﺯ ﻭﻻ ﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻭﻗﺪ ﻧﺺ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻣﺨﺘﺼﺮﻱ ﺍﻟﺒﻮﻳﻄﻲ ﻭﺍﻟﺮﺑﻴﻊ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺎﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﻓﻠﺔ ﻭﺩﻟﻴﻞ ﺟﻮﺍﺯﻫﺎ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻛﺜﻴﺮﺓ

Sesungguhnya beberapa solat sunnat yang tidak disyariatkan ialah kecuali di dalam solat Ied, solat gerhana dan solat Istisqo begitu juga solat Tarowih dan witir yang sesudahnya, ketika kami mengucapkan qoul Al Ashoh bahwa sesungguhnya berjamaah di dalamnya adalah lebih utama.

Adapun beberapa solat sunnat seperti solat Rowatib yang beserta solat fardhu, solat Dhuha dan beberapa solat yang dimutlaqkan, maka tidak disyariatkan untuk berjamaah yakni tidak disunnahkan berjamaah. 

Dan Imam Syafi'i rohimahulloh sudah menjelaskan di dalam kitab Mukhtasornya yaitu kitab Al Buawaithi dan empat kitabnya bahwa tidak mengapa (jika dilakukan) dengan berjamaah di dalam solat sunnat tsb dan dalil atas diperbolehkanya jamaah itu hadistnya banyak
Kedua dalam Kitab I'anatut Tholibien juz 1 hal. 245
قوله قسم لا تسن له جماعة) اي دائما وابدا بأن لم تسن له اصلا او تسن في بعض الأوقات كاالوتر في رمضان قال في النهايه ولو صلى جماعة لم يكره اه‍ ونقل. ع ش عن سم يثاب عليها وقال ح ل لا يثاب عليها قال البجيرمي واعتمد شيخنا ح ف كلام ح ل اه‍
(Ucapan bagian yang tidak disunnahkan jamaah) yakni selamanya dan abadi seperti secara asal tidak disunnahkan  atau disunnahkan di dalam sebagian waktu saja seperti solat witir di dalam Romadhon. 

Berkata di dalam kitab An Nihayah apabila solat dengan berjamaah maka tidak makruh. Dan Imam Ali As Syibromilisi menuqil dari pendapat Imam Qosim Al Abadi bahwa tetap mendapatkan pahala di dalam melakukanya dengan berjamaah. Dan Imam Halaby berkata tidak mendapatkan pahala atas melakukanya secara berjamaah. 

Imam Al Bujairimi berkata guru saya Imam Al Hafnawi menganggap muktamad ucapan Imam Al Halaby
Ketiga, Kutipan dalam kitab Bughyatul Musytarsidin hal 67
مسئلة) ﺗﺒﺎﺡ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻲ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﻭﺍﻟﺘﺴﺒﻴﺢ ﻓﻼ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﻻ ﺛﻮﺍﺏ،ﻧﻌﻢ ﺇﻥ ﻗﺼﺪ ﺗﻌﻠﻴﻢ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ ﻭﺗﺤﺮﻳﻀﻬﻢ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺛﻮﺍﺏ، ﻭﺃﻱ ﺛﻮﺍﺏ ﺑﺎﻟﻨﻴﺔ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ ﻓﻜﻤﺎ ﻳﺒﺎﺡ ﺍﻟﺠﻬﺮ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﺍﻹﺳﺮﺍﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﻫو ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻟﻠﺘﻌﻠﻴﻢ ﻓﺄﻭﻟﻰ ﻣﺎ ﺃﺻﻠﻪ ﺍﻹﺑﺎﺣﺔ ﻭﻛﻤﺎ ﻳﺜﺎﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺒﺎﺣﺎﺕ ﺇﺫﺍ ﻗﺼﺪ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺑﺔ ﻛﺎﻟﺘﻘﻮﻯ ﺑﺎﻷﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔ ﻫﺬﺍ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻘﺘﺮﻥ ﺑﺬﻟﻚ ﻣﺤﺬﻭﺭ ﻛﻨﺤﻮ ﺇﻳﺬﺍﺀ ﺃﻭ ﺇﻋﺘﻘﺎﺩ ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻣﺸﺮﻭﻋﻴﺔ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﺛﻮﺍﺏ ﺑﻞ ﻳﺤﺮﻡ ﻭ ﻳﻤﻨﻊ ﻣﻨﻬﺎ
(masalah) Diperbolehkan berjamaah dalam solat sunnah seperti witir, tasbih, maka tidak makruh melakukanya itu, dan tidak mendapat pahala, 

Ya benar jika bertujuan mengajari orang-orang yang sedang solat dan mendorong untuk melakukanya maka mendaptkan pahala.

Kapanpun pahala bisa didapat dengan niat kebaikan, seperti halnya diperbolehkanya sesuatu yang semestinya makruh yaitu membaca keras (jahr) di tempat pelan (siri) karena maksud untuk mengajari maka lebih utama. 

Sesuatu asalnya boleh sebagaimana mendapatkan pahala di dalam sesuatu yang diperbolehkan (mubah) jika bertujuan mendekatkan kepada Alloh seperti taqwa dengan makan atas (bertujuan) thoat. 

Itu semua, jika dibarengi (bisa menyebabkan) bahaya seperti menyakiti atau malah membuat keyakinan di masyarakat bahwa solat sunnat tersebut memang disyariatkan berjamaah. jika tidak, maka tidak mendapatkan pahala. bahkan HARAM hukumnya dan harus ditolak dari perkara tsb
Dan terakhir penjelasan Syarah Muslim 
شرح النووى على مسلم ٦ / ٤١ ......جواز النافلة جماعة ولكن الاختيار فيها الانفراد إلا في نوافل مخصوصة وهي العيد والكسوف والاستسقاء وكذا التراويح عند الجمهور كما سبق وفيه جواز النافلة في المسجد وإن كان البيت أفض
Boleh mengerjakan shalat sunnah secara berjama’ah. Akan tetapi pilihan yang paling bagus adalah dilakukan sendiri-sendiri (munfarid) kecuali pada beberapa shalat khusus seperti shalat ‘ied, shalat kusuf (ketika terjadi gerhana), shalat istisqo’ (minta hujan), begitu pula dalam shalat tarawih menurut mayoritas ulama
Dari keterangan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa 
Solat sunnat yang jelas disyariatkan yakni disunnahkan berjamaah adalah solat tarowih, solat ied, solat gerhana, solat istisqo' dan solat witir di dalam bulan romadhon
Kemudian untuk solat sunnat yang tidak disyariatkan berjamaah seperti solat dhuha, hajat, tasbih dan lain sebagainya. Maka ;
  • Lebih baik dilaksanakan sendirian (munfarid), walaupun tidak ada larangan berjamaah.
  • Kalaupun dilaksanakan secara berjamaah, maka tidak mengapa. Hanya saja tidak menghasilkan tambahan pahala disebabkan berjamaahnya itu (muktamad)
  • Adapun mendapatkan tambahan pahala jikalau bertujuan memberikan pelajaran atau mendorong untuk melakukan solat sunnat tersebut
  • Namun jika dikhawatirkan menyakiti bahkan sampai menjadikan suatu pengertian/keyakinan di masyarakat bahwa solat sunnat (tidak disyariatkan berjamaah) tersebut disyariatkan berjamaah, maka HARAM dan DITOLAK

Wallohu A'lam bisshowab
Semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 21.41

0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

Blogroll

Total Pageviews

About

About

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

Blogger news

Search

Become our Fan

www.facebook.com/AN66RA.PRASETYO

Pages - Menu

Followers

Featured