Blogger templates

Mukjizat dan Kemuliaan Shalat Tahajjud

Posted by

Tahajjud berasal dari kata al-hujud yang berarti "bangun dari tidur". Karena itu, shalat tahajjud juga disebut shalat lail (malam). Walaupun shalat sunnah, seperti Witir, Hajat, Istikharah, dan lainnya juga dilakukan pada malam hari, namun yang disebut shalat malam disini adalah shalat Tahajjud. Shalat ini termasuk salah satu shalat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan dengan derajat sedikit dibawah shalat wajib.
Pada masa-masa awal dakwah Rasulullah Saw., sebelum disyariatkan shalat lima waktu, shalat malam ini adalah shalat wajib. Hal ini berdasarkan firman Allah berikut :

Surat Al-Muzammil ayat 1-4:
( 1 ) Hai orang yang berselimut (Muhammad),
( 2 ) bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),
( 3 ) (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.
( 4 ) atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.
Tafsir Al-Muyassar untuk Surat Al-Muzammil ayat 1 - 4:
"Wahai orang ditutupi dengan kainnya! Bangunlah untuk sholat tahajjud pada malam hari kecuali yang mudah/sedikit dari waktu malam itu! Bangunlah pada separuh malam atau kurang dari separuh, yang sedikitnya hingga mencapai sepertiga malam! Atau tambahkanlah pada bangun malam itu hingga mencapai dua pertiga malam, dan bacalah Al-Qur'an dengan tekun dan pelan-pelan (tidak tergesa-gesa) hingga menjadi jelas huruf-huruf dan waqofnya!"

Tetapi, karena dinilai terlalu memberatkan akhirnya shalat malam ini pun menjadi shalat sunnah. Sedangkan shalat wajib diganti dengan shalat lima waktu, sebagaimana yang kita kerjakan sekarang ini. Hal ini ditegaskan oleh Allah Swt. melalui firman-Nya seperti berikut :

" Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an" (QS.Muzzammil (73):20)

Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam setelah bangun tidur, dengan jumlah rakaat paling sedikit dua rakaat. Adapun waktu melaksanakan shalat ini antara sesudah shalat Isya' sampai shalat subuh atau terbitnya fajar. Pada setiap dua rakaat diakhiri dengan membaca salam.

Waktu shalat  Tahajjud setelah shalat Isya sampai Fajar (shubuh) ini dibagi tiga bagian waktu utama, yaitu :
a. Sepertiga pertama (waktu utama), dimulai sekitar jam 19.00 sampai jam 22.00
b. Sepertiga kedua (waktu lebih utama), mulai pukul 22.00 sampai pukul 01.00
c. Sepertiga ketiga (waktu paling utama), berkisar antara jam 01.00 sampai shalat shubuh tiba.

Shalat Tahajjud merupakan salah satu shalat yang memiliki banyak keutamaan. Berikut beberapa mukjizat kemuliaan dari shalat Tahajjut :
a. Lebih Utama dari Dunia dan Isinya
              Begitu besarnya keutamaan shalat Tahajjut, shalat sunnah ini dianggap lebih utama dari dunia dan isinya. Bahkan, seandainya tidak memberatkan bisa menjadi shalat wajib. Mengenai ini, Rasulullah Saw. bersabda :
" Dua rakaat shalat malam yang dilakukan seorang hamba pada tengah malam lebih baik baginya daripada dunia beserta isinya, dan jika saja tidak memberatkan umatku, maka akan kuwajibkan mereka untuk melakukannya" (HR. Suyuthi).

b. Sebagai Salah Satu Tanda Orang Mulia di Sisi Allah Swt.
c. Cara Mudah agar Lebih Dekat Kepada Allah Swt.
c. Mendapatkan Keridhaan Allah Swt.
d. Dikagumi oleh Allah Swt
f. Tiket Masuk Surga
g. Penghapus Dosa, Meningkatkan Kekebalan Tubuh
h. Meningkatkan Ketahanan Tubuh dan Kelenturan Persendian Tulang
i. Kemenangan Diri Melawan Godaan Setan
j. Tanda Orang yang Bertaubat  dan Bersyukur
k. Mendapatkan Anugerah Bidadari




sumber :  Lutfil Kirom Az-Zumaro.2012.Mukjizat Dunia & Akhirat Dari Shalat-Shalat Sunnah.Yogyakarta: SAbil



Blog, Updated at: 05.55

0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

Blogroll

Total Pageviews

About

About

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

Blogger news

Search

Become our Fan

www.facebook.com/AN66RA.PRASETYO

Pages - Menu

Followers

Featured